Pengujian Kemampuan Bahasa Mandarin Anak


Children’s Chinese Competency Certification (CCCC)
Pengujian Kemampuan Bahasa Mandarin Anak

Pengantar

Bahasa Mandarin telah menjadi Bahasa pengantar kedua di hampir semua Negara. Dan sekarang ini semakin banyak pelajar yang belajar Bahasa Mandarin, dan umur pelajar mulai belajar Bahasa Mandarin terus menurun, ini menunjukan bahwa dampak dari kepentingan Bahasa Mandarin dan potensial yang kuat dari proses belajar Mandarin.
        Universitas National Taiwan Normal telah memberikan dedikasi terhadap pembelajaran Bahasa Mandarin sejak tahun 1956, dalam waktu 50 tahun lebih telah mengakumulasi pengalaman dalam bidang ini, menjadi pusat internasional dari pengajaran Bahasa Mandarin yang penting. Dibawah pengawasan Departemen Pendidikan pada tahun 2005 mendirikan panitia acara Pengujian Kemampuan Bahasa Mandarin (SC-TOP) guna mendirikan berbagai jenis pengujian Bahasa Mandarin, berharap dapat membuat suatu standar Pengujian Bahasa Mandarin yang dapat dipercaya, menjadi alat penilaian kemampuan Bahasa Mandarin bertaraf internasional. Panitia acara Pengujian Kemampuan Bahasa Mandarin mempunyai misi dalam mengembangkan standar Pengujian Kemampuan Bahasa Mandarin khususnya bagi anak-anak. SC-TOP mengundang pengajar yang ahli di bidang Bahasa Mandarin untuk mengajar sebagai Bahasa asing, ilmu Bahasa, phisikologi anak, dan ahli-ahli dalam bidang pendidikan, dimana meneliti Pengujian Kemampuan Bahasa Mandarin yang cocok untuk anak-anak berumur 7 sampai 12 tahun yang Bahasa aslinya bukan Bahasa Mandarin, yang dinamakan Pengujian kemampuan Bahasa Mandarin Anak (Children’s Chinese Competency Certification, atau CCCC).

Sasaran melakukan pengujian

Anak-anak berumur 7 sampai 12 tahun yang Bahasa aslinya bukan Bahasa Mandarin.
Untuk daftar kosakata yang disarankan, silakan kunjungi http://cccc.sc-top.org.tw/

Tingkat Uji

Tingkatan
Waktu Belajar Yang Disarankan
Dasar Kosakata Yang Disarankan
Jumlah Pertanyaan
Total Waktu Uji
Tunas (dasar)
Sekitar 150 jam
Sekitar 400 kata
40 pertanyaan
Sekitar 40 menit
Benih (menengah)
Sekitar 300 jam
Sekitar 700 kata
50 pertanyaan
Sekitar 50 menit
Berkembang
(lanjutan)
Sekitar 450 jam
Sekitar 1100 kata
50 pertanyaan
Sekitar 60 menit

Catatan : Tabel diatas digunakan hanya sebagai referensi bagi pelajar di daerah yang bukan berbahasa Mandarin. Jika pelajar di daerah yang berbahasa
Mandarin, maka jumlah waktu belajar dapat dipotong setengahnya.

Bahan yang diujikan

Bahan yang diujikan meliputi semua hal yang berhubungan dengan kehidupan anak-anak, seperti kegiatan sehari-hari dan istirahat mereka, lalu lintas dan transportasi, karakteristik orang, badan dan kesehatan, kata-kata yang digunakan di sekolah, konsep waktu dan ruang, cuaca dan musim, dan topik-topik lain yang relevan. Materi yang diujikan diambil dari berbagai situasi asli dan penuh variasi.

Ciri-ciri khusus

        Bahan Pengujian Kemampuan Bahasa Mandarin (CCCC) dibuat berdasarkan pengetahuan dan perkembangan bahasa anak-anak, adalah pengukuran secara objektif Kemampuan bahasa Mandarin yang telah dibakukan dan diambil dari bahasa dan budaya yang berbeda. Dengan mengutamakan khusus pada kehidupan sehari-hari dan ketertarikan anak-anak, CCCC membantu peserta uji untuk mengerti tingkatan kemampuan Bahasa Mandarin mereka sendiri dan mendukung untuk terus belajar Bahasa Mandarin. Pengujian memiliki beberapa ciri-ciri khusus berikut :
²  Isi pengujian adalah ramai, beragam dan menarik.
²  Isi pengujian disesuaikan dengan pengalaman hidup anak-anak.
²  Isi pengujian cocok dengan pengetahuan dan perkembangan Bahasa anak-anak.
²  Gambar yang menarik di dalam buku pengujian yang dicetak berwarna menarik perhatian anak-anak.



Penjelasan Kemampuan

Pengujian ini diselaraskan dengan Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) pada pengguna tingkat dasar (tingkat A1 & A2).

Tingkatan
Mendengar
Membaca
Tunas (Pre-A1)
Dapat mengerti kata dan frase yang umum diucapkan, yang berhubungan dengan informasi pribadi, warna, cuaca, hal yang disukai, menyapa dan lain-lain, ketika percakapan berjalan lambat dan jelas, dengan memberi jeda dan pengulangan.
Dapat mengerti kata-kata dasar dan kalimat yang mudah.
Dapat mengerti materi kehidupan sehari-hari yang mudah, dengan bantuan gambar.
Benih (A1)
Dapat mengerti dialog singkat pada topik sehari-hari, seperti komunikasi dengan keluarga, belanja, pakaian, makanan, dan transportasi dan lain-lain, ketika percakapan berjalan lambat dan jelas.
Dapat mengerti hal penting, ketika mendengarkan pengumumman yang singkat dan jelas, seperti pengenalan diri, pesan pada telephone, pengumuman di kelas, laporan cuaca dan lain-lain
Dapat mengerti bagian yang mudah dan menangkap inti yang dimaksud , dengan bantuan gambar.
Dapat menangkap informasi dasar (seperti nama, tanggal, waktu, harga, tempat dan lain-lain) dari materi kehidupan sehari-hari yang mudah, seperti menu, tiket, kartu post, tanda dan lain-lain.
Berkembang (A2)
Dapat mengerti dialog yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, hobi dan kebiasaan, jalan-jalan, rekreasi, dan komunikasi dengan rekan.
Dapat mengerti inti dan hal penting, ketika mendengar instruksi dan rekaman yang singkat dan jelas, seperti pengenalan, pengumuman, siaran radio, berita dan lain-lain.
Dapat mengerti bagian cerita yang mudah dari topik yang jelas berhubungan dengan pribadi, pengalaman kehidupan sehari-hari.
Dapat mengerti fungsi dari pesan yang ditinggalkan, pesan singkat, dan dapat menangkap hal penting ( seperti waktu, tempat, tujuan, peraturan dan lain-lain) dari materi (seperti pesan, catatan pendek, surat, pengumuman sekolah, iklan dan poster).
Rangkaian pengujian

CCCC mempunyai dua komponen : Pengujian Pemahaman Pendengaran dan Pengujian Pemahaman Membaca. Kedua pengujian mendengar dan membaca dilakukan secara tertulis. Berikut adalah kemungkinan jenis pengujian pada setiap tingkatan.

Ø   Pemahaman pendengaran

Jenis Pengujian
Objek Pengujian
Apa Yang Perlu Dilakukan Penguji
Pemahaman Ucapan (pilihan)
Untuk mengerti dialog singkat atau pembicaraan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
Tingkatan : Tunas, Benih dan Berkembang
Setiap soal ujian mempunyai tiga gambar. Peserta ujian akan mendengar kalimat atau dialog singkat sesekali atau dua kali. Peserta ujian memilih gambar yang tepat berdasarkan apa yang didengar.
Penjelasan Gambar (pilihan)
Untuk mengerti pertanyaan yang mudah, seperti pada warna, arah dan lain-lain.
Tingkatan : Tunas dan Benih
Peserta ujian akan melihat satu gambar dan mendengar pertanyaan dan tiga jawaban yang mungkin. Setiap pertanyaan akan dibacakan dua kali. Peserta ujian akan memilih jawaban yang benar menurut apa yang didengar.
Mencocokan
Untuk mengerti kalimat singkat atau percakapan yang sangat lambat, jelas dan mudah.
Tingkatan : Tunas dan Benih
Peserta ujian akan melihat satu gambar besar dan beberapa gambar kecil. Peserta ujian akan mendengar beberapa kalimat atau percakapan. Semua soal ujian akan dibacakan dua kali. Peserta ujian mencocokan setiap gambar kecil ke posisi yang tepat pada gambar besar. Satu posisi pada gambar besar tidak akan digunakan.
Pemahaman Percakapan (pilihan)
Untuk mengerti isi dari percakapan singkat dan menangkap tema yang dimaksud.
Tingkatan : Berkembang
Peserta ujian akan mendengar percakapan, dilanjutkan dengan pertanyaan dan tiga jawaban yang mungkin. Setiap pertanyaan akan dibacakan hanya sekali. Peserta ujian memilih jawaban yang benar menurut apa yang didengar.
Pemahaman Monolog (pilihan)
Untuk mengerti tema atau hal penting ketika mendengar pengumuman singkat dan mudah, pengarahan, dan rekaman yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, seperti pengenalan, pemberitahuan acara, pengumuman secara lisan, arah jalan, pesan yang direkam, iklan, berita dan lain-lain.
Tingkatan : Benih dan Berkembang
Peserta ujian akan mendengar pengumuman atau rekaman. Peserta ujian perlu memilih jawaban yang tepat dari beberapa pertanyaan berdasarkan apa yang didengar. Setelah mendengar pertanyaan, peserta ujian dapat mendengar sekali lagi iklan atau rekaman.

Ø   Pemahaman Membaca

Jenis Pengujian
Objek Pengujian
Apa Yang Perlu Dilakukan Penguji
Penjelasan Gambar (benar salah)
Untuk mengerti kata yang mudah dan sering digunakan.
Tingkatan : Tunas
Peserta ujian akan melihat gambar dan dua atau tiga kalimat mudah. Peserta ujian memutuskan apakah arti dari kalimat sama dengan gambar.
Mencocokan
Untuk mengerti kalimat yang singkat dan mudah.
Tingkatan : Tunas dan Benih
Peseta ujian akan melihat kalimat dan lima gambar. Peserta ujian akan mencocokan setiap kalimat ke gambar yang tepat. Satu gambar tidak akan digunakan.
Materi Bacaan (pilihan)
Untuk mengerti pola dasar, hal penting, pesan yang diketahui sebelumnya pada surat tertulis, poster, dan materi bacaan sehari-hari yang singkat, mudah, jelas, seperti kartu pos, daftar waktu, iklan, menu dan lain-lain.
Tingkatan : Tunas, Benih dan Berkembang
Peserta ujian akan membaca bagian bacaan yang diikuti dengan satu atau tiga pertanyaan dan jawaban yang mungkin. Peserta ujian akan memilih jawaban yang benar berdasarkan materi.
Pemahaman Paragraf (benar salah)
Untuk mengerti cerita yang singkat, mudah dan menangkap perencanaan dan hal utama.
Tingkatan : Benih dan Berkembang
Peserta ujian akan membaca bagian cerita dengan tiga atau empat kalimat pembantu. Peserta ujian menentukan apakah arti dari setiap kalimat adalah benar.

Hasil Ujian

        Sejak tahun 2014 hasil CCCC diukur dalam bentuk nilai, dan nilai penuh adalah 200. Berdasarkan Rasch model teori respon hal, penilaian adalah hasil dari penyamaan matematika yang terdiri dari indeks yang sulit dari soal ujian dan sejumlah pertanyaan yang dijawab benar oleh kandidat. Semakin banyak jumlah yang soal ujian dijawab dengan benar maka semakin tinggi angka yang diraih. Dibandingkan dengan nilai yang baku (jumlah dari soal ujian yang dijawab dengan benar), penilaian lebih objektif sejak tidak terpengaruh oleh perbedaan tingkat kesulitan soal ujian pada setiap ujian.

Tingkat Ujian
Nilai Kelulusan
Tunas
117
Benih
116
Berkembang
118

Fungsi Ujian

        Mendukung anak-anak mengikuti Pengujian Kemampuan Bahasa Mandarin Anak tingkat internasional, selain mendapatkan sertifikat kemampuan Bahasa Mandarin yang diakui internasional, ujian ini memberikan tujuan sebagai berikut :
1.      Melalui ujian ini anak-anak dapat mengetahui kemampuan Bahasa Mandarin mereka, meningkatkan tekad dan rasa percaya diri, dan mendorong mereka untuk menantang diri mereka sendiri.
2.      Memberi kesempatan kepada orang tua untuk mengerti seberapa mengerti anak mereka terhadap Bahasa Mandarin. Kemudian orang tua dapat mengatur rencana masa depan proses pembelajaran Bahasa Mandarin pada anak atau mengatur metode dan langkah belajar.

3.      Guru Bahasa Mandarin dapat mengerti kemampuan Bahasa Mandarin murid-muridnya, juga dapat melihat efektifitas mengajar diri sendiri, sebagai data untuk merancang kurikulum di masa depan.
+